• Share :

Robertho Rouw

"Selain Kualitas, Wasit Indonesia Selalu Terancam"

Selasa, 08-05-2012 00:03 | Kategori: Bincang | Dibaca 5194 kali | Komentar : 0
"Selain Kualitas, Wasit Indonesia Selalu Terancam" (sp+) "Selain Kualitas, Wasit Indonesia Selalu Terancam" (sp+)

KUALITAS wasit Indonesia diakui masih bobrok. Robertho Rouw, Ketua Komite Wasit PSSI, siap merombak sistem perwasitan Indonesia, bahkan dari nol.

Wasit lagi-lagi jadi sorotan. Kepemimpinan dan keputusan kontroversial mereka kerap mewarnai laga Indonesia Super League (ISL) 2011/2012.

Padahal, wasit Indonesia termasuk dapat bayaran tertinggi setiap memimpin pertandingan di Asia Tenggara. Bahkan, tingginya bayaran wasit Indonesia menduduki peringkat 5 besar di lingkup Asia.

Miris, memang, mengingat masalah itu bukan hal baru bagi sepakbola Indonesia. Tapi, tentu, tidak bisa dibiarkan jika ingin melihat sepakbola Indonesia maju dan berprestasi.

Itu pun disadari PT Liga Indonesia (LI) selaku operator kompetisi sepakbola profesional di Indoensia dan PSSI, khususnya Komite Waasit. Karena itulah, Senin (7/5), dipimpin langsung Robertho, seluruh wasit yang memimpin laga di ISL dikumpulkan.

Dari 32 wasit yang berkiprah di ISL, baru 16 yang berkumpul dalam pertemuan di The Bridge Function Room 3 lantai 3 Apartemen Rasuna, Kuningan, Jakarta.

Berbagai permasalahan yang mempengaruhi kualitas wasit di lapangan dievaluasi. Hasilnya akan dibawa ke rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI dan dijadikan bahan untuk menyiapkan wasit ISL dan jenjang kompetisi di bawahnya musim depan.

Menurut Robertho, karena permasalahannya begitu kompleks, Komite Wasit pun berencana merombak total sistem perwasitan di Indonesia. Diakui Robertho, itu pun berdampak terhadap nasib wasit Indonesia saat ini.

Sportiplus.com berkesempatan bicara banyak soal itu dengan Robertho. Berikut petikan wawancara dengannya:

Selain evaluasi, apa lagi yang dibahas dalam pertemuan dengan para wasit ISL, Senin (7/5)?
Komite Wasit PSSI minta komitmen kepada para wasit untuk manjalani tugas secara maksimal di sisa pertandingan ISL musim ini. Sebab, itu adalah pertemuan pertama Komite Wasit di bawah pimpinan saya dengan para wasit. Maklum saja, kericuhan pada beberapa laga terakhir ISL tak lepas dari ulah wasit.

Apakah maksimal mengingat yang hadir dalam pertemuan itu hanya separo dari 32 wasit ISL?
Itu memang tidak bisa kami hindari karena kompetisi tengah berjalan. Akan ada pertemuan gelombang ke-2. Dan, tidak hanya wasit, seluruh perangkat pertandingan pun akan kami undang dalam pertemuan ke-2 itu.

Bicara evaluasi sebagai pokok pertemuan itu, faktor apa sebenarnya yang pengaruhi wasit dalam mengambil keputusan di lapangan?
Intinya 1, mereka merasa keamanan mereka tidak terjamin, baik di dalam maupun di luar lapangan. Sebab, ancaman bukan hanya datang dari suporter ataupun tim yang tengah bertanding, tapi juga panpel pertandingan yang meneror wasit.

Mengejutkan memang mengetahui fakta itu. Panpel bukan jadi pelindung, tapi justru ikut mengancam wasit.

Selain itu, kami pun akan membuat kebijakan yang melarang tim, baik tuan rumah ataupun tamu, memberikan hadiah kepada wasit meski alasannya karena telah memimpin pertandingan dengan baik. Jika tidak, wasit pasti akan berat sebelah. Mereka akan berpikir memihak kepada tim tertentu dengan harapan mendapat hadiah setelah pertandingan selesai.

Yang terakhir adalah infrastruktur. Hampir di semua stadion di Indonesia, wasit akan berjalan bersamaan dengan para pemain dari ke-2 tim saat memasuki kamar ganti. Di saat itulah, intimidasi datang terhadap para wasit.

Lalu, apa yang akan dilakukan Komite Wasit?
Saat ini, di tengah kompetisi yang masih bergulir, kami baru bisa menggelar pertemuan dengan para wasit dan perangkat pertandingan. Musim depan, kami berencana merobak total sistem perwasitan Indonesia.

Mulai perekrutan wasit hingga penempatan wasit yang akan memimpin sebuah pertandingan akan ditata ulang. Tidak lagi dengan sistem degradasi dan promosi yang dilakukan lewat penyegaraan sebelum kompetisi bergulir. Semua harus kami rombak ulang dari nol.

Sebab, pada awalnya, para wasit itu jadi barang dagangan bagi Pengprov PSSI di seluruh wilayah Indonesia yang memang jadi pihak yang merekomendasikan para wasit untuk memimpin pertandingan pada jenjang kompetisi ISL, Divisi Utama, Divisi I, II atau III.

Jadi, dengan kurikulum yang akan kami rancang, termasuk dari evaluasi pertemuan itu, kami akan berlakukan semacam open recruitmen untuk jadi wasit.

Dan, Pengprov PSSI hanya bertugas sebagai tuan riumah penyelenggara penyegaran wasit. Yang menjalankan penyegaran dan memilih wasit yang lolos tetap dari pengurus PSSI pusat, dalam hal ini adalah Komite Wasit.

Jadi, bisa ada perombakan besar-besaran bagi wasit Indonesia mulai musim depan?
Betul. Tidak bisa lagi dengan sistem degradasi dan promosi. Wasit Divisi Utama yang bagu naik ke ISL atau wasit ISL yang buruk turun ke Divisi Utama. Kualitaslah yang akan membuat mereka jadi wasit dan ditempatkan sesuai kualitas mereka di salah 1 jenjang kompetisi yang ada.

Untuk mengawal kualitasnya, apa rencana yang sudah disiapkan Komite Wasit?
Kami akan coba rekomendasikan kepada FIFA untuk memberikan lisensi Referee Assessor bagi wasit Indonesia yang telah punya lisensi FIFA. Mereka akan ditempatkan pada pertandingan-pertandingan yang tidak live dan bertanggung jawab melaporkan kepemimpinanan  wasit yang memimpin laga itu kepada Komite Wasit. Saat ini, Indonesia memang belum punya Referee Assessor.

Jadi, bukan lagi pengawas pertandingan. Sebab, tugas pengawas pertandingan bukan mengawasi kinerja wasit, melainkan mengawasi berbagai hal yang menyangkut sebuah pertandingan. Misal, infrastuktiur dan keamanan. Pengawas pertandingan pun tak bertanggung jawab kepada Komite Wasit, melainkan kepada panpel.

sp+/sp+
  • PRIIITTTTT!!!

    08:23CR7 Terpacu Treble: Cristiano 'CR7' Ronaldo senang dengan prestasi Real Madrid di Copa del Rey. Kini, ia bidik treble winners.
    07:20Di Maria Terkesima: Real Madrid sabet gelar Copa del Rey setelah bungkam Barcelona 2-1. Angel di Maria larut dalam euforia.
    06:23Juara buat Jese: Atasi Barcelona 2-1, Real Madrid kuasai Copa del Rey. Iker Casillas persembahkan buat Jese Rodriguez.
    05:04Guingamp Jegal Monaco: AS Monaco urung ke final Coupe de France. Kamis (17/4) WIB, En Avant Guingamp bungkam Monaco 3-1.
    04:32Madrid Juara: Real Madrid tampil sebagai juara Copa del Rey. Kamis (17/4) WIB, mereka bungkam Barcelona 2-1 di final.
    03:53Man-City 1 Poin: Manchester City cuma bisa raih 1 poin. Kamis (17/4) WIB, The Citizens dipaksa Sunderland main 2-2.
    03:11Final Der Klassiker: Der Klassiker terhampar di final DFB Pokal. Kamis (17/4) WIB, Bayern Muenchen atasi Kaiserslautern 5-1.
    00:21Aditya Gantikan Wisnu: Aditya Hari Sasongko masuk tim Davis Cup Indonesia. Bentrok kontra Hongkong dihelat 25-27 April 2014.
    23:12Kisruh Guncang ISSI: Satu lagi kepengurusan olahraga di Tanah Air kisruh. Kali ini melanda PB ISSI. Munaslub pun jadi pilihan.
    22:49Timnas U-19 Tekuk UEA: Timnas U-19 Indonesia tampil hebat di tur Timur Tengah. Rabu (16/4), Uni Emirat Arab U-19 dibekuk 2-1.
    21:06Persija 3 Poin: Rekor tak kalah Persija Jakarta masih terjaga. Diladeni Persijap Jepara, Rabu (16/4), Persija menang 2-0.
    20:24Indra Tetapkan Line Up: Timnas U-19 Indonesia tarung lagi kontra Uni Emirates Arab U-19. Indra Sjafri tak ubah komposisi skuad.
    19:25Gattuso Rindu Milan: Gennaro Gattuso belum bekerja lagi sebagai pelatih. Itu lantaran Gattuso percaya bisa balik ke AC Milan.
    19:10Anthony Semifinal: Anthony Sinisuka Ginting ke semifinal World Junior Champ. Rabu (16/4), ia sungkurkan Kanta Tsuneyama.
    18:21Bantah MU-Kroos: Manchester United layangkan tawaran buat Toni Kroos. Volker Struth, agen Kroos, cuma tertawa dengar itu.
    17:27SPFC Bungkam Persik: Semen Padang FC lanjutkan tren positif. Main Rabu (16/4), mereka hentikan tuan rumah Persik Kediri 2-1.
    17:13Urung Rekrut Anelka: Kepindahan Nicolas Anelka ke Atletico Mineiro tak terwujud. Selasa (13/4), Mineiro batalkan kesepakatan.
    Selengkapnya
 
 

Berita Terpopular

Penonton Laga Perdana, Nyawa PSS

PSS Sleman

Penonton Laga Perdana, Nyawa PSS
Senin, 14-04-2014 18:02
Dibekuk Persib, Arema Kejar Selangor

Arema Cronus Indonesia

Dibekuk Persib, Arema Kejar Selangor
Senin, 14-04-2014 20:03
4 Musim Lagi, PSIM Siap Guncang ISL

PSIM Yogyakarta

4 Musim Lagi, PSIM Siap Guncang ISL
Senin, 14-04-2014 12:02
Final Kontra Madrid, Hidup Mati Barca

Barca vs Madrid

Final Kontra Madrid, Hidup Mati Barca
Rabu, 16-04-2014 04:02
Demi 4 Besar, Arsenal Dituntut Sangar

Arsenal vs West Ham

Demi 4 Besar, Arsenal Dituntut Sangar
Selasa, 15-04-2014 04:04

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti
Majalah Indonesia Football Edisi IV April 2014
Rabu, 16-04-2014 07:25

Live Score

Selengkapnya

Klasemen Sepakbola

  • No
  • Klub
  • Main
  • Poin
  • 1
  • Liverpool
  • 34
  • 77
  • 2
  • Chelsea
  • 34
  • 75
  • 3
  • Manchester City
  • 33
  • 71
  • 4
  • Arsenal
  • 34
  • 67
  • 5
  • Everton
  • 34
  • 66
Selengkapnya
  • Top Skorer

    • No
    • Nama
    • Klub
    • Gol
    Selengkapnya
ping fast my blog, website, or RSS feed for Free