• Share :

Tips Sehat

Bahaya di Balik Kecantikan

Rabu, 18-07-2012 00:30 | Kategori: Saran Dokter | Dibaca 5516 kali | Komentar : 0
Bahaya di Balik Kecantikan (sp+) Bahaya di Balik Kecantikan (sp+)
BUAT wanita, kini banyak cara bisa ditempuh demi tampil lebih cantik. Tak terkecuali mewarnai kuku dengan kuteks. Padahal, ada bahaya di balik itu.  
 
Bahaya dari kuteks bersumber dari bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Bahan kimia itu disebut phthalates.
 
Temuan yang dipublikasikan dalam Journal Environmental Health Perspectives menunjukkan phthalates dapat mengganggu metabolisme jaringan lemak sehingga menyebabkan resistensi insulin pada wanita sehat.
 
Dalam penelitian atas 2.350 sampel urine wanita berusia 20-80 ditemukan 2 bahan kimia tingkat tinggi, yaitu mono-benzil phthalate dan mono-isobutil ftalat. Ke-2 bahan kimia itu menaikkan risiko diabetes hingga 2 kali lipat.
 
Selain kuteks, bahan kimia berbahaya itu juga banyak ditemukan dalam berbagai produk perawatan wanita lainnya seperti hairspray, sabun, bahkan juga shampoo.
 
"Ini langkah awal penting dalam mengeksplorasi hubungan antara phthalates dan diabetes. Selain terdapat di produk perawatan pribadi, phthalates juga ada di beberapa jenis peralatan medis dan obat-obatan bagi pengidap diabetes," ungkap Tamarra James-Todd dari Brigham and Women's Hospital's Division of Women's Health seperti dilansir Livescience, Senin (16/7).
 
Harga yang ditawarkan cukup beragam. Dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Namun, bagi wanita, harga kerap dianggap bukan masalah. Asal bisa terlihat lebih cantik dan menarik, apapun kerap ditabrak.
 
Padahal, di balik itu, ada sejumlah bahaya mengancam. Karena itu, sebaiknya cermati dan bedakan mana jenis kuteks yang berbahan kimia dan mana yang tidak. Berikut tipsnya:
 
1. Perhatikan masa kadaluarsa
Kuteks yang sudah kadaluarsa dapat menimbulkan gejala seperti iritasi, gatal kemerahan sampai berujung infeksi. Efek jangka panjangnya dapat menyebabkan kanker.
 
2. Perhatikan kandungan kimia dalam kuteks
Pilihlah yang berbahan dasar air dan tidak berbau. Cat kuku yang baunya menyengat biasanya berbahaya dan dapat mengakibatkan pusing. Bahan kimia yang paling berbahaya adalah dibutyl phthalat.
 
3. Pilihlah harga yang masuk akal
Jangan pilih kuteks yang terlalu murah. Sebab, biasanya bahan dan kandungannya tak bisa dipertanggungjawabkan. Warnanya juga cenderung tidak terlalu bagus saat dipakai.
 
4. Biarkan kuku Anda terlihat alami
Yang terbaik adalah sebisa mungkin hindari pemakaian kuteks. Kuku alami yang terawat pun tak kalah cantik dan menarik. Tanpa pewarna, kuku dapat bernapas. Kalaupun terpaksa pakai kuteks, atur jadwalnya. Minimal 2-3 hari dalam sepekan biarkan kuku tanpa kuteks.
 
Kini tinggal anda yang memilih. Terlihat cantik namun tidak sehat atau terlihat biasa saja, namun tetap cantik? Tentukan pilihan anda.Kuteks, memang sudah menjadi trend di kalangan remaja, khususnya wanita. Tapi, sadarkah anda dalam kuteks tersebut terdapat bahan kimia berbahaya yang disebut phthalates.
 
Temuan yang dipublikasikan dalam Journal Environmental Health Perspectives ini, menunjukkan bahwa phthalates dapat mengganggu metabolisme jaringan lemak, sehingga menyebabkan terjadinya resistensi insulin pada wanita sehat.
 
Setelah diteliti dari 2.350 sampel urin wanita yang berusia 20-80, peneliti menemukan 2 bahan kimia dengan tingkat tinggi, yaitu mono-benzil phthalate dan mono-isobutil ftalat. Ke-2 bahan kimia ini menaikkan risiko diabetes hingga 2 kali. Selain kuteks, bahan kimia berbahaya ini juga ternyata banyak ditemukan dalam berbagai produk perawatan wanita lainnya seperti hairspray, sabun, bahkan shampoo.
 
"Ini merupakan langkah awal yang penting dalam mengeksplorasi hubungan antara phthalates dan diabetes. Kita tahu kalau phthalates selain ada diproduk perawatan pribadi, juga ada di beberapa jenis peralatan medis dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati diabetes," jelas Tamarra James-Todd dari Brigham and Women's Hospital's Division of Women's Health yang dilansir melalui Livescience (16/7).
 
Harga yang ditawarkan pun cukup beragam. Dari ratusan ribu hingga ribuan rupiah. Namun bagi wanita, hal ini tidak menjadi masalah, asal dapat terlihat cantik dan menarik. Tapi hal ini tidak cukup bila tak melihat kandungan yang terdapat dalam kuteks itu. Agar dapat membedakannya terdapat bahan kimia atau tidak, berikut tipsnya :
 
1. Perhatikan masa kadaluarsanya.
 
Kuteks yang sudah kadaluarsa dapat menimbulkan gejala seperti iritasi, gatal kemerahan sampai berujung infeksi. Efek jangka panjangnya dapat menyebabkan kanker.
 
2. Kandungan kimia yang ada dalam kuteks harus diperhatikan. Pilihlah yang berbahan dasar air dan tidak berbau. Cat kuku yang memiliki bau menyengat biasanya berbahaya dan dapat mengakibatkan pusing. Bahan kimia yang paling berbahaya adalah Dibutyl Phthalat.
 
3. Pilihlah harga yang masuk akal. Jangan pilih yang terlalu murah. Karena biasanya bahan dan kandungannya tidak bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu juga warnanya cenderung tidak terlalu bagus saat dipakai.
 
4. Lebih baik, biarkan kuku anda terlihat alami. Agar kuku anda dapat bernafas. Paling tidak 2 hingga 3 hari dalam sepekan.
 
Kini tinggal anda yang memilih. Terlihat cantik namun tidak sehat atau terlihat biasa saja, namun tetap cantik? Tentukan pilihan anda.
sp+/sp+
  • PRIIITTTTT!!!

    16:12Giroud Ingin Tinggal: Olivier Giroud dikabarkan masuk daftar jual Arsenal di akhir musim. Jika boleh memilih, ia ingin bertahan.
    15:21Everton Lirik Champions: Everton berpeluang finis di 4 besar Premier League. James McCarthy ingin Everton ke Champions League.
    14:07Icardi Setia Inter: Mauro Icardi santer dikabarkan bakal tinggalkan Internazionale Milan. Membantah, Icardi akui setia Inter.
    13:14Immobile Mau Dortmund: Ciro Immobile masih punya mimpi yang belum terwujud. Ia tergiur berjibaku bersama Borussia Dortmund.
    12:37Mazzarri Yakin Aman: Isu pemecatan Walter Mazzarri terus merebak. Tapi, pelatih Internazionale Milan itu yakin tak kena pecat.
    11:15Tomsak Terus Melaju: Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta paten. Rabu (23/4), Fanny Kalumata dkk libas Rajawali Bandung 77-35.
    10:13Christo Siap Playoff: Christopher Rungkat siap mainkan playoff Grup II Zona Asia/Osenani Davis Cup. Ia segera latihan bareng.
    09:26Sharapova Babak 2: Maria Sharapova ke babak 2 Stuttgart. Rabu (23/) WIB, ia ringkus Lucie Safarova 7-6 (5), 6 (5)-7, 7-6 (2).
    09:16Bielsa Tolak Paraguay: Marcelo Bielsa menganggur sejak dipecat Athletic Bilbao. Anehnya, ia tetap tolak tawaran timnas Paraguay.
    08:25Final buat Terry: Selain Petr Cech, kapten Chelsea John Terry juga dirongrong cedera. Final dibidik biar Terry kembali main.
    07:33Akui Chelsea Untung: Atletico gagal jebol gawang Chelsea pada leg I semifinal. Diego Simeone anggap itu keuntungan Chelsea.
    06:13Pique Bela Martino: Gerardo Martino jadi sosok yang disalahkan atas kinerja buruk Barcelona. Gerard Pique coba bela Martino.
    05:22Mou Prihatin Moyes: Pemecatan David Moyes dari Manchester United undang banyak reaksi. Jose Mourinho mengaku terpukul.
    04:30Musim Mirallas Berakhir: Kevin Mirallas akhiri musim ini lebih cepat dari pemain lain. Striker Everton itu diusik cedera pangkal paha.
    03:49Chelsea Tahan Atletico: Chelsea beroleh modal positif di kandang Atletico Madrid, Rabu (23/4) WIB. The Blues ganjal Atletico 0-0.
    03:24Newcastle Harus Bangkit: Newcastle United sulit cetak kemenangan di beberapa laga terakhir. Alan Pardew desak skuadnya bangkit.
    02:19Ancelotti Jaga CR7: Kondisi Cristiano 'CR7' Ronaldo masih diragukan. Entrenador Carlo Ancelotti pantang paksakan CR7 main.
    Selengkapnya
 
 

Berita Terpopular

Persib Diburu Hamynudin, PSSI Netral

Hamynudin vs Persib

Persib Diburu Hamynudin, PSSI Netral
Minggu, 20-04-2014 20:02
Bersama Iurie, P-MU Siap Sikat Bantul

Persepam Madura United

Bersama Iurie, P-MU Siap Sikat Bantul
Senin, 21-04-2014 14:03
Chelsea Favorit, Atletico Yakin Melejit

Atletico vs Chelsea

Chelsea Favorit, Atletico Yakin Melejit
Selasa, 22-04-2014 04:03
Belakang Rapuh, MU Pun Terpiuh-piuh

Manchester United

Belakang Rapuh, MU Pun Terpiuh-piuh
Senin, 21-04-2014 16:02
Kukar Gahar, Pusam Bertekad Sangar

Kukar vs Pusam

Kukar Gahar, Pusam Bertekad Sangar
Senin, 21-04-2014 06:02

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti
Majalah Indonesia Football Edisi IV April 2014
Rabu, 16-04-2014 07:25

Live Score

Selengkapnya

Klasemen Sepakbola

  • No
  • Klub
  • Main
  • Poin
  • 1
  • Liverpool
  • 35
  • 80
  • 2
  • Chelsea
  • 35
  • 75
  • 3
  • Manchester City
  • 34
  • 74
  • 4
  • Arsenal
  • 35
  • 70
  • 5
  • Everton
  • 35
  • 69
Selengkapnya
  • Top Skorer

    • No
    • Nama
    • Klub
    • Gol
    Selengkapnya
ping fast my blog, website, or RSS feed for Free