• Share :

Tips Sehat

Bahaya di Balik Kecantikan

Rabu, 18-07-2012 00:30 | Kategori: Saran Dokter | Dibaca 5460 kali | Komentar : 0
Bahaya di Balik Kecantikan (sp+) Bahaya di Balik Kecantikan (sp+)
BUAT wanita, kini banyak cara bisa ditempuh demi tampil lebih cantik. Tak terkecuali mewarnai kuku dengan kuteks. Padahal, ada bahaya di balik itu.  
 
Bahaya dari kuteks bersumber dari bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Bahan kimia itu disebut phthalates.
 
Temuan yang dipublikasikan dalam Journal Environmental Health Perspectives menunjukkan phthalates dapat mengganggu metabolisme jaringan lemak sehingga menyebabkan resistensi insulin pada wanita sehat.
 
Dalam penelitian atas 2.350 sampel urine wanita berusia 20-80 ditemukan 2 bahan kimia tingkat tinggi, yaitu mono-benzil phthalate dan mono-isobutil ftalat. Ke-2 bahan kimia itu menaikkan risiko diabetes hingga 2 kali lipat.
 
Selain kuteks, bahan kimia berbahaya itu juga banyak ditemukan dalam berbagai produk perawatan wanita lainnya seperti hairspray, sabun, bahkan juga shampoo.
 
"Ini langkah awal penting dalam mengeksplorasi hubungan antara phthalates dan diabetes. Selain terdapat di produk perawatan pribadi, phthalates juga ada di beberapa jenis peralatan medis dan obat-obatan bagi pengidap diabetes," ungkap Tamarra James-Todd dari Brigham and Women's Hospital's Division of Women's Health seperti dilansir Livescience, Senin (16/7).
 
Harga yang ditawarkan cukup beragam. Dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Namun, bagi wanita, harga kerap dianggap bukan masalah. Asal bisa terlihat lebih cantik dan menarik, apapun kerap ditabrak.
 
Padahal, di balik itu, ada sejumlah bahaya mengancam. Karena itu, sebaiknya cermati dan bedakan mana jenis kuteks yang berbahan kimia dan mana yang tidak. Berikut tipsnya:
 
1. Perhatikan masa kadaluarsa
Kuteks yang sudah kadaluarsa dapat menimbulkan gejala seperti iritasi, gatal kemerahan sampai berujung infeksi. Efek jangka panjangnya dapat menyebabkan kanker.
 
2. Perhatikan kandungan kimia dalam kuteks
Pilihlah yang berbahan dasar air dan tidak berbau. Cat kuku yang baunya menyengat biasanya berbahaya dan dapat mengakibatkan pusing. Bahan kimia yang paling berbahaya adalah dibutyl phthalat.
 
3. Pilihlah harga yang masuk akal
Jangan pilih kuteks yang terlalu murah. Sebab, biasanya bahan dan kandungannya tak bisa dipertanggungjawabkan. Warnanya juga cenderung tidak terlalu bagus saat dipakai.
 
4. Biarkan kuku Anda terlihat alami
Yang terbaik adalah sebisa mungkin hindari pemakaian kuteks. Kuku alami yang terawat pun tak kalah cantik dan menarik. Tanpa pewarna, kuku dapat bernapas. Kalaupun terpaksa pakai kuteks, atur jadwalnya. Minimal 2-3 hari dalam sepekan biarkan kuku tanpa kuteks.
 
Kini tinggal anda yang memilih. Terlihat cantik namun tidak sehat atau terlihat biasa saja, namun tetap cantik? Tentukan pilihan anda.Kuteks, memang sudah menjadi trend di kalangan remaja, khususnya wanita. Tapi, sadarkah anda dalam kuteks tersebut terdapat bahan kimia berbahaya yang disebut phthalates.
 
Temuan yang dipublikasikan dalam Journal Environmental Health Perspectives ini, menunjukkan bahwa phthalates dapat mengganggu metabolisme jaringan lemak, sehingga menyebabkan terjadinya resistensi insulin pada wanita sehat.
 
Setelah diteliti dari 2.350 sampel urin wanita yang berusia 20-80, peneliti menemukan 2 bahan kimia dengan tingkat tinggi, yaitu mono-benzil phthalate dan mono-isobutil ftalat. Ke-2 bahan kimia ini menaikkan risiko diabetes hingga 2 kali. Selain kuteks, bahan kimia berbahaya ini juga ternyata banyak ditemukan dalam berbagai produk perawatan wanita lainnya seperti hairspray, sabun, bahkan shampoo.
 
"Ini merupakan langkah awal yang penting dalam mengeksplorasi hubungan antara phthalates dan diabetes. Kita tahu kalau phthalates selain ada diproduk perawatan pribadi, juga ada di beberapa jenis peralatan medis dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati diabetes," jelas Tamarra James-Todd dari Brigham and Women's Hospital's Division of Women's Health yang dilansir melalui Livescience (16/7).
 
Harga yang ditawarkan pun cukup beragam. Dari ratusan ribu hingga ribuan rupiah. Namun bagi wanita, hal ini tidak menjadi masalah, asal dapat terlihat cantik dan menarik. Tapi hal ini tidak cukup bila tak melihat kandungan yang terdapat dalam kuteks itu. Agar dapat membedakannya terdapat bahan kimia atau tidak, berikut tipsnya :
 
1. Perhatikan masa kadaluarsanya.
 
Kuteks yang sudah kadaluarsa dapat menimbulkan gejala seperti iritasi, gatal kemerahan sampai berujung infeksi. Efek jangka panjangnya dapat menyebabkan kanker.
 
2. Kandungan kimia yang ada dalam kuteks harus diperhatikan. Pilihlah yang berbahan dasar air dan tidak berbau. Cat kuku yang memiliki bau menyengat biasanya berbahaya dan dapat mengakibatkan pusing. Bahan kimia yang paling berbahaya adalah Dibutyl Phthalat.
 
3. Pilihlah harga yang masuk akal. Jangan pilih yang terlalu murah. Karena biasanya bahan dan kandungannya tidak bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu juga warnanya cenderung tidak terlalu bagus saat dipakai.
 
4. Lebih baik, biarkan kuku anda terlihat alami. Agar kuku anda dapat bernafas. Paling tidak 2 hingga 3 hari dalam sepekan.
 
Kini tinggal anda yang memilih. Terlihat cantik namun tidak sehat atau terlihat biasa saja, namun tetap cantik? Tentukan pilihan anda.
sp+/sp+
  • PRIIITTTTT!!!

    15:15SAS Ditekuk Lakers: San Antonio Spurs ditekuk LA Lakers 113-100. Itu tak ubah posisi San Antonio sebagai peringkat 1 Wilayah Barat.
    15:13Alves Minta Maaf: Dani Alves sedih Barcelona dibungkam Real Madrid. Gagal juarai Copa del Rey, ia minta maaf kepada fans.
    14:14Liverpool Harus Membumi: Liverpool jadi kandidat kuat juara Premier League. Brendan Rodgers minta Liverpool tetap membumi.
    13:26Wujud Mimpi Bale: Juarai Copa del Rey setelah libas Barcelona jadi momen spesial Real Madrid. Gareth Bale sebut itu mimpi.
    12:28Oezil Siap Dimainkan: Arsenal kembali beroleh tambahan amunisi lini tengah. Setelah Abou Diaby, Mesut Oezil siap ditampilkan.
    11:27RD Fokus Pertahanan: Pertahanan Persebaya Surabaya kelewat mudah dibobol. Rahmad 'RD' Darmawan fokus dandani belakang.
    10:19Martinez tak Gundah: Everton gagal gusur Arsenal buat kembali ke urutan 4 klasemen. Meski begitu, Roberto Martinez tak risau.
    09:31Poyet Tetap Puas: Kemenangan Sunderland atas Manchester City sirna di ujung laga. Pelatih Gus Poyet mengaku tak kecewa.
    08:23CR7 Terpacu Treble: Cristiano 'CR7' Ronaldo lega Real Madrid juarai Copa del Rey. Ia terpacu kejar treble winners buat Madrid.
    07:20Di Maria Terkesima: Real Madrid sabet gelar Copa del Rey setelah bungkam Barcelona 2-1. Angel di Maria larut dalam euforia.
    06:23Juara buat Jese: Bekap Barcelona 2-1, Real Madrid kuasai Copa del Rey. Iker Casillas persembahkan buat Jese Rodriguez.
    05:04Guingamp Jegal Monaco: AS Monaco gagal jejaki final Coupe de France. Kamis (17/4) WIB, En Avant Guingamp ringkus Monaco 3-1.
    04:32Madrid Juara: Real Madrid perkasa dan juarai Copa del Rey. Kamis (17/4) WIB, mereka bungkam Barcelona 2-1 di final.
    03:53Man-City 1 Poin: Terganjal, Manchester City cuma bisa raih 1 poin. Kamis (17/4) WIB, The Citizens ditahan Sunderland 2-2.
    03:11Final Der Klassiker: Der Klassiker bakal guncang final DFB Pokal. Kamis (17/4) WIB, Bayern Muenchen gilas Kaiserslautern 5-1.
    00:21Aditya Gantikan Wisnu: Aditya Hari Sasongko masuk tim Davis Cup Indonesia. Bentrok kontra Hongkong dihelat 25-27 April 2014.
    23:12Kisruh Guncang ISSI: Satu lagi kepengurusan olahraga di Tanah Air kisruh. Kali ini melanda PB ISSI. Munaslub pun jadi pilihan.
    Selengkapnya
 
 

Berita Terpopular

Penonton Laga Perdana, Nyawa PSS

PSS Sleman

Penonton Laga Perdana, Nyawa PSS
Senin, 14-04-2014 18:02
Dibekuk Persib, Arema Kejar Selangor

Arema Cronus Indonesia

Dibekuk Persib, Arema Kejar Selangor
Senin, 14-04-2014 20:03
Final Kontra Madrid, Hidup Mati Barca

Barca vs Madrid

Final Kontra Madrid, Hidup Mati Barca
Rabu, 16-04-2014 04:02
PSIM Terlecut 1 Poin di Laga Perdana

PSIM Yogyakarta

PSIM Terlecut 1 Poin di Laga Perdana
Rabu, 16-04-2014 02:03
Demi 4 Besar, Arsenal Dituntut Sangar

Arsenal vs West Ham

Demi 4 Besar, Arsenal Dituntut Sangar
Selasa, 15-04-2014 04:04

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti
Majalah Indonesia Football Edisi IV April 2014
Rabu, 16-04-2014 07:25

Live Score

Selengkapnya

Klasemen Sepakbola

  • No
  • Klub
  • Main
  • Poin
  • 1
  • Liverpool
  • 34
  • 77
  • 2
  • Chelsea
  • 34
  • 75
  • 3
  • Manchester City
  • 33
  • 71
  • 4
  • Arsenal
  • 34
  • 67
  • 5
  • Everton
  • 34
  • 66
Selengkapnya
  • Top Skorer

    • No
    • Nama
    • Klub
    • Gol
    Selengkapnya
ping fast my blog, website, or RSS feed for Free