• Share :

Timnas Hancur

Rijsbergen Bukan Motivator

Rabu, 16-11-2011 16:11 | Kategori: Sorot | Dibaca 3914 kali | Komentar : 0
Rijsbergen Bukan Motivator (sp+) Rijsbergen Bukan Motivator (sp+)

BUKAN cuma kalah terus, tapi juga hancur berkeping. Begitulah nasib timnas senior Indonesia. Kian terbukti Wim Rijsbergen bukanlah motivator bagi pasukannya.

Lima kali bertanding di putaran 3 Grup E Pra Piala Dunia 2014 Zona Asia, lima kali pula meninggalkan lapangan dengan tangan kosong. Kalah melulu, bahkan dengan kebobolan gol terbilang banyak pula.

Setelah dipastikan tersisih dari perebutan tiket ke putaran 4 akibat takluk dari Qatar, Jumat (11/11), penderitaan Bambang 'Bepe' Pamungkas kian komplet ketika menjamu Iran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (15/11) malam.

Tanpa ampun, di kandang sendiri yang kosong melompong, timnas senior dikuliti 4-1. Gilanya lagi, tiga gol Iran berturut-turut mengoyak jala gawang Hendro Kartiko hanya dalam tempo 24 menit pertama. 

Tentu, bukan bermaksud sewenang-wenang menyudutkan Rijsbergen selaku pelatih kepala timnas senior jika kemudian sorotan kembali mengarah ke mantan pemain nasional  Belanda itu. Cuma, mau tak mau, buntut  dari lima kekalahan beruntun itu memang layak dikaitkan dengan kapasitas kinerjanya.

Sebetulnya, kredibilitas Rijsbergen sudah dikoreksi banyak pihak sejak timnas senior gagal memenangi duel dengan Bahrain di SUGBK bulan lalu. Koreksi makin keras karena Rijsbergen kemudian seperti cuci tangan dengan menyatakan pemainnya tak layak tampil di level Pra Piala Dunia.

Gesekan Rijsbergen dengan sejumlah pemain yang berani bersikap itu sempat memancing konflik yang menyeret PSSI. Selain publik, tak sedikit pegiat sepakbola di Tanah Air bersepakat agar PSSI sebaiknya memutus kontrak kerja Rijsbergen.

Toh, PSSI bergeming. Bahkan, alih-alih memandang laga timnas senior di Pra Piala Dunia jauh lebih penting dari SEA Games XXVI, jadwal pertandingan Grup A cabang sepakbola SEA Games di SUGBK pun terpaksa diubah.

Laga kelima putaran 3 Grup E Pra Piala Dunia 2014 Zona Asia melawan Iran dianggap pengurus PSSI lebih terhormat dan vital ketimbang perjuangan armada Garuda Muda di Grup A SEA Games XXVI. Padahal, faktanya, aksi dan hasil yang dicapai membuktikan kebalikannya.

Ya, aksi dan hasil armada Garuda Muda besutan Rahmad 'RD' Darmawan begitu heroik dan membanggakan publik Indonesia. Tiket semifinal diraih berkat tiga kemenangan manis atas Kamboja, Singapura, dan Thailand. Laga tersisa Grup A melawan Malaysia, Kamis (17/11), hanya untuk menentukan juara grup.

Sebaliknya, di tengah euforia menikmati rangkaian kemenangan armada Garuda Muda dan mengalirnya emas demi emas dari berbagai arena pertandingan SEA Games XXVI, timnas senior asuhan Rijsbergen mengusik kawasan Senayan dengan kekalahan memalukan.  

Memang, PSSI bertahan dengan Rijsbergen plus timnas asuhannya yang sama sekali tak bertaji itu. Tapi, yang pasti, suara minor soal sang meneer kembali mengencang.

Rijsbergen dianggap sebagai orang yang harus bertanggung jawab atas penampilan dan hasil buruk timnas senior Indonesia. Kian banyak pihak menghujatnya, termasuk dari pendukung setia sepakbola nasional.

Gaya melatih Rijsrbergen yang pasif dan kalem termasuk yang dikritik. Publik dengan mudah membandingkan aksi dan ekspresi para pelatih lain yang biasa berteriak-teriak di pinggir lapangan guna mengarahkan sekaligus memotivasi pemainnya, sedangkan Rijsbergen cenderung banyak duduk di bench dan asyik mencatat ini-itu. 

Sindiran terhadap salah satu bentuk kelemahan Rijsbergen itu bukan hanya datang dari para pendukung dan pegiat sepakbola nasional, tapi juga dari para pemain timnas senior sendiri. Salah satunya adalah Hamka Hamzah.

Lewat akun Twitter-nya, Hamka menulis, "Seorang Carlos Queiroz (pelatih Iran) yang pemainnya sudah pasti unggul dari pemain kita saja tetap memberikan instruksi dan motivasi dari pinggir lapangan."

Itu ungkapan tulus dan polos Hamka tentang sosok pria tua yang jadi pelatihnya di timnas senior. Dan, yang ditulis Hamka itu memang obyektif.

Lihat saja bagaimana Jose Mourinho, Pep Guardiola, Fabio Capello, bahkan RD mencurahkan perhatian dan energinya di pinggir lapangan. Tujuannya jelas: mengarahkan sekaligus memotivasi pemainnya yang sedang berjuang memburu kemenangan di lapangan.

Intinya, di satu sisi ini saja, celah dan kelemahan Rijsbergen sudah begitu kentara. Semua orang bisa melihatnya dengan mata telanjang. Rijsbergen, tak pelak, bukan tipikal pelatih yang mampu jadi motivator yang baik bagi pemainnya.

Padahal, sebuah tim sepakbola yang baik dan bermutu dibentuk lewat proses yang mengkaitkan banyak hal. Bukan cuma teknis, utak-atik formasi, fisik, skill, fasilitas, dan dana. Di dalamnya juga ada unsur non-teknis seperti mental, psikis, leadership, dan tentu saja kepekaan sang pelatih untuk membakar determinasi pemainnya.

Ironisnya, justru unsur penting itu tak dipunyai Rijsbergen. Ungkapan tulus dan polos Hamka menguatkan fakta itu.     

Jadi lebih ironis ketika PSSI ternyata keukeuh mempertahankan Rijsbergen dengan dalih bisa maju ke putaran 3 Pra Piala Dunia 2014 Zona Asia adalah prestasinya.

Untungnya, di balik itu, masih ada RD dan armada Garuda Muda-nya. Merekalah yang mampu menjaga antusiasme publik datang berduyun ke stadion memberikan semangat, unsur yang juga sangat dibutuhkan dalam atmosfer olahraga.

Tanpa mereka, kita patut khawatirkan ini: antusiasme publik bisa-bisa luntur terlebur ketumpulan Rijsbergen berbalut sikap tutup mata PSSI.   

So sorry, meneer...

 

sp+/sp+
  • PRIIITTTTT!!!

    03:11Nadal Ambisi di Barcelona: Rafael Nadal ambisi juara di Barcelona 2014. Itu bakal jadi penghibur pasca luruh di kuarter final Monte Carlo, pekan lalu.
    02:18Bekal Manis Dragons: Sritex Dragon Solo raih bekal manis jelang hadapi Merah Putih Predators. Dragons libas Rajawali Bandung 76-63.
    01:17Pras Tampil Lagi: Andakara Prastawa Dhyaksa absen di 2 laga M88 Aspac akibat cedera. Ia tampil lagi hadapi JNE BSC Bandung Utama.
    00:21Klopp Bakal Setia: Manchester United bakal sulit rekrut pelatih Juergen Klopp. Ia pastikan setia bersama Borussia Dortmund.
    23:08Milan tak Dijual: Kabar penjualan AC Milan kembali merebak. Fininvest, perusahaan milik Silvio Berlusconi, membantahnya.
    22:14Kontrak Baru Olic: VfL Wolfsburg tak mau kehilangan striker Ivica Olic. Kontrak Olic pun diperpanjang dengan durasi 2 tahun.
    21:35Persela 3 Poin: Persela Lamongan menang ketika dijamu Persiba Balikpapan, Kamis (24/4). Persela hantam Persela 2-0.
    21:29Barito Makan Korban: Performa impresif Barito Putera berlanjut. Kamis (24/4), Barito paksa Persijap Jepara telan kekalahan 1-4.
    20:58U-19 Grup B: Timnas U-19 Indonesia di grup neraka. Mereka di Grup B bersama Uzbekistan, Australia, Unit Emirat Arab.
    19:15Sturridge Pasti Fit: Kabar bagus didapat Liverpool jelang laga vital kontra Chelsea. Kondisi Daniel Sturridge dipastikan bugar.
    18:10Benzema Yakin Final: Karim Benzema bawa Real Madrid atasi Bayern Muenchen 1-0. Ia yakin Los Blancos bakal tembus ke final.
    17:27Lloris Kritik Spurs: Tottenham Hotspur tak berdaya hadapi persaingan tim 4 besar. Kiper Hugo Lloris lempar kritik buat Spurs.
    16:14Benfica Sambut Juve: Nama besar Juventus tak membuat Benfica gentar. Pelatih Benfica Jorge Jesus justru senang hadapi Juve.
    15:26Dragon Raih Modal: Sritex Dragon Enduro Solo libas Rajawali Bandung 76-63, Kamis (24/4). Itu jadi bekal hadapi 2 laga berat.
    14:51Ambrosini Mau Coppa: Sulit bagi Fiorentina finis di 3 Besar Serie A. Massimo Ambrosini alihkan fokus La Viola juarai Coppa Italia.
    13:16George 1-Under: George Gandrata mulus di awal CIMB Indonesian Masters. Kamis (24/4), ia ukir 1 pukulan di bawah par 71.
    12:20Christo Main Pertama: Christopher Rungkat main pertama di playoff Davis Cup. Hasil drawing Kamis (24/4) untungkan Indonesia.
    Selengkapnya
 
 

Berita Terpopular

Futsal Indonesia Tapaki Jalan Terang

Geliat PSSI-BTN

Futsal Indonesia Tapaki Jalan Terang
Rabu, 23-04-2014 20:04
Barito Ngebut, Persijap Bisa Tersundut

Barito vs Persijap

Barito Ngebut, Persijap Bisa Tersundut
Kamis, 24-04-2014 04:02
Madrid-Muenchen Adu Kualitas Panas

Madrid vs Muenchen

Madrid-Muenchen Adu Kualitas Panas
Rabu, 23-04-2014 08:02
Predator Jajal Kesaktian Tomang Sakti

Speedy WNBL Indonesia

Predator Jajal Kesaktian Tomang Sakti
Selasa, 22-04-2014 06:01
Chelsea Perluas Jalan, Mou Geregetan

Chelsea

Chelsea Perluas Jalan, Mou Geregetan
Rabu, 23-04-2014 12:01

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti
Majalah Indonesia Football Edisi IV April 2014
Rabu, 16-04-2014 07:25

Live Score

Selengkapnya

Klasemen Sepakbola

  • No
  • Klub
  • Main
  • Poin
  • 1
  • Liverpool
  • 35
  • 80
  • 2
  • Chelsea
  • 35
  • 75
  • 3
  • Manchester City
  • 34
  • 74
  • 4
  • Arsenal
  • 35
  • 70
  • 5
  • Everton
  • 35
  • 69
Selengkapnya
  • Top Skorer

    • No
    • Nama
    • Klub
    • Gol
    Selengkapnya
ping fast my blog, website, or RSS feed for Free