• Share :

Tips Sehat

Jauhilah Hati dari Hepatitis

Minggu, 22-04-2012 15:30 | Kategori: Saran Dokter | Dibaca 5208 kali | Komentar : 0
Jauhilah Hati dari Hepatitis (sp+) Jauhilah Hati dari Hepatitis (sp+)

PENYAKIT yang menyerang hati/liver ini kian berbahaya karena gejalanya kerap tidak tampak. Tahu lebih dini tentang hepatitis jelas sangat membantu Anda.

Fungsi utama dari hati atau liver adalah menyaring racun-racun yang ada pada darah. Selain itu, masih ada sekitar 500 fungsi lain dari hati.

Hepatitis atau peradangan pada hati atau liver dapat menghancurkan kesehatan secara keseluruhan karena racun tetap mengendap pada darah dan merusak atau mengganggu kerja organ lain.

Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah jadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.

Rusaknya fungsi hari atau liver ini dapat disebabkan seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan merusak  fungsi hati.

Tapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan virus yang ditularkan penderita hepatitis.

Ada 5 macam virus hepatitis yang dinamai sesuai abjad. Kelima virus itu adalah virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD), dan virus hepatitis E (VHE).

Virus-virus ini terus berkembang dan bahkan diperkirakan sedikitnya masih ada 3 virus lagi yang dapat menyebabkan hepatitis.

Virus yang paling banyak menjangkiti manusia adalah VHB, penyebab hepatitis B. Diperkirakan 1 dari 3 orang yang ada di bumi pernah terinfeksi. Sebanyak 350 juta hidup dengan virus mengendap pada tubuhnya dan berpotensi menulari orang lain.

Tercatat 78% pengidap hepatitis menimpa penduduk Asia dan pulau-pulau di daerah Pasifik. Virus ini menyebabkan kematian sedikitnya 600.000 orang per tahun.

Gejala hepatitis

Beberapa gejala yang umum dari hepatitis adalah rasa nyeri atau sakit pada perut bagian kanan, badan lemas, mual, demam, dan diare.

Pada beberapa kasus juga ditemukan gejala seperti akan flu dan sakit kuning yang ditandai kulit dan mata terlihat kuning. Tapi, gejala penyakit hepatitis tidak selalu tampak, khususnya pada kebanyakan kasus yang menimpa anak-anak.

Virus dapat berpindah dari seorang penderita ke orang yang sehat. Jika kekebalan tubuh seseorang sedang lemah, virus akan menjangkiti tubuh orang yang sehat walau virus dapat dibersihkan dengan antibodi manusia itu sendiri jika sistem kekebalan tubuhnya baik.

Hepatitis A

Virus hepatitis A biasa terdapat pada kotoran penderitanya. Virus dapat hidup pada air atau es batu. Cara penyebaran virus ini adalah karena meminum air yang tercemar VHA.

Bisa juga karena mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar, sehingga virus tetap hidup pada makanan atau karena orang yang mempersiapkan makanan tidak terbiasa cuci tangan dengan benar terlebih dahulu, padahal mungkin saja pada tangannya terdapat virus hepatitis A.

Tidak mencuci tangan sehabis menggunakan toilet juga menyebabkan virus ada pada kotoran manusia ini akhirnya berpindah.

Hepatitis B

Penularan virus hepatitis B (VHB) biasanya melalui darah atau cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, atau air mani yang masuk dalam aliran darah orang sehat.

Ini karena hepatitis B terdapat dalam darah dan cairan tubuh tersebut. Tranfusi darah, darah pada pisau cukur, perawatan gigi, gunting kuku, jarum suntik atau jarum yang digunakan untuk membuat tato dapat memindahkan sejumlah kecil darah yang terinfeksi virus hepatitis.

Bahkan, noda darah yang sudah mengering dapat menulari orang lain selama 1 pekan sejak menempel pada suatu benda. Cara lain penyebaran virus ini adalah karena terbawa dari sejak kandungan dari seorang ibu yang terinfeksi dan karena hubungan seks.

Hepatitis C

Pengindap hepatitis C biasanya ditularkan dengan cara yang hampir sama dengan penularan hepatitis B, tetapi pada kebanyakan orang adalah karena jarum suntik.

Menangangi hepatitis

Perawatan dini harus segara dilakukan agar penderita dapat disembuhkan, karena semakin lambat ditangani, virus akan semakin merusak hati dan bahkan menjadi kanker.

Tapi, kadangkala karena tidak menampakkan gejala yang jelas, kebanyakan orang tidak menyadari jika dalam tubuhnya sudah berdiam virus hepatitis dan terlanjur hati sudah menjadi rusak parah.

Vaksinasi dapat diberikan agar seseorang mendapatkan antibodi dari virus hepatitis A (VHA) dan virus hepatitis B (VHB). Namun, untuk hepatitis C tidak ada vaksinasi untuk mencegahnya.

Walau seseorang belum terindikasi virus ini tetapi pemberian vaksin dapat mencegah virus merusak hati karena gejala hepatitis bisa saja baru muncul puluhan tahun kemudian.

Pemberian vaksin khususnya perlu diberikan pada anak-anak karena kekebalan tubuh mereka lebih lemah untuk membersihkan virus hepatitis dibandingkan orang dewasa.

Jika kondisi hati sudah rusak parah, pilihannya adalah melakukan pencangkokkan hati. Tetapi, ini akan sulit karena donor hati yang ada lebih sedikit dibandingkan daftar tunggu dari penderita yang membutuhkan hati.

Penderita hepatitis seharusnya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup agar tubuh mampu bertahan menghadapi virus ini dan mencegah jumlah virus semakin banyak yang akan menggerogoti kesehatan penderitanya.

Gizi dan istirahat yang baik juga harus dipenuhi untuk semua, karena bisa saja tanpa sepengetahuan kita, virus menulari dan menyerang hati atau liver.

Tapi, dengan kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan mampu menangani virus hepatitis yang membahayakan ini.

sp+/sp+
  • PRIIITTTTT!!!

    12:19Bartra Dukung Martino: Gerardo Martino dianggap sebagai biang keladi kegagalan Barcelona. Tak setuju, Marc Bartra membelanya.
    11:30Butt Bangga Dipercaya: Nicky Butt ditetapkan sebagai staf pelatih Manchester United. Butt bangga dirinya beroleh kepercayaan itu.
    10:14Valencia Kecam Wasit: Gol Stephane M'Bia dinilai kontroversial. Bos Valencia Juan Antonio Pizzi kritik kinerja wasit Damir Skomina.
    09:15Bacca Puji Defense: Sevilla kantongi modal bagus buat tembus final Europa League. Carlos Bacca puji pertahanan solid timnya.
    08:23Juve Tetap Pede: Juventus ogah dihantui kekalahan 1-2 dari Benfica. Mereka tetap percaya diri mampu melaju hingga final.
    07:29Benfica tak Puas: Menang 2-1 atas Juventus tak membuat Benfica puas. Jorge Jesus sebut Benfica bisa menang lebih telak.
    06:20David Siap Total: David Agung mantap tatap playoff Grup II Zona Asia/Oceania Davis Cup 2014. Ia bakal tampil di 3 nomor.
    05:39Valencia Kian Rawan: Valencia terancam gagal tembus final Europa League. Jumat (25/4) WIB, Valencia dibungkam Sevilla 2-0.
    05:26Modal Bagus Benfica: Markas Benfica terbukti juga angker buat Juventus. Jumat (25/4) WIB, Benfica paksa Juve menyerah 1-2.
    04:19AG Lirik Indonesia: Vietnam mundur, Indonesia siap gelar Asian Games 2019. Pihak Kemenpora estimasi butuh Rp 3-4 triliun.
    03:11Tekad Kuat Nadal: Rafael Nadal bidik gelar Barcelona 2014. Itu bakal jadi penghibur pasca luruh di kuarter final Monte Carlo.
    02:18Bekal Manis Dragon: Sritex Dragon Solo on fire jelang duel kontra Merah Putih Predator. Dragon tikam Rajawali Bandung 76-63.
    01:17Pras Tampil Lagi: Cedera, Andakara Prastawa Dhyaksa absen di 2 laga M88 Aspac. Kontra JNE BSC Bandung Utama, ia main.
    00:21Klopp Bakal Setia: Manchester United bakal sulit rekrut pelatih Juergen Klopp. Ia pastikan setia bersama Borussia Dortmund.
    23:08Milan tak Dijual: Kabar penjualan AC Milan kembali merebak. Fininvest, perusahaan milik Silvio Berlusconi, membantahnya.
    22:14Kontrak Baru Olic: VfL Wolfsburg tak mau kehilangan striker Ivica Olic. Kontrak Olic pun diperpanjang dengan durasi 2 tahun.
    21:35Persela 3 Poin: Persela Lamongan menang ketika dijamu Persiba Balikpapan, Kamis (24/4). Persela hantam Persela 2-0.
    Selengkapnya
 
 

Berita Terpopular

Futsal Indonesia Tapaki Jalan Terang

Geliat PSSI-BTN

Futsal Indonesia Tapaki Jalan Terang
Rabu, 23-04-2014 20:04
Barito Ngebut, Persijap Bisa Tersundut

Barito vs Persijap

Barito Ngebut, Persijap Bisa Tersundut
Kamis, 24-04-2014 04:02
Madrid-Muenchen Adu Kualitas Panas

Madrid vs Muenchen

Madrid-Muenchen Adu Kualitas Panas
Rabu, 23-04-2014 08:02
Chelsea Perluas Jalan, Mou Geregetan

Chelsea

Chelsea Perluas Jalan, Mou Geregetan
Rabu, 23-04-2014 12:01
Jurus Maut Mou buat Angkat Chelsea

Atletico vs Chelsea

Jurus Maut Mou buat Angkat Chelsea
Selasa, 22-04-2014 16:01

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti
Majalah Indonesia Football Edisi IV April 2014
Rabu, 16-04-2014 07:25

Live Score

Selengkapnya

Klasemen Sepakbola

  • No
  • Klub
  • Main
  • Poin
  • 1
  • Liverpool
  • 35
  • 80
  • 2
  • Chelsea
  • 35
  • 75
  • 3
  • Manchester City
  • 34
  • 74
  • 4
  • Arsenal
  • 35
  • 70
  • 5
  • Everton
  • 35
  • 69
Selengkapnya
  • Top Skorer

    • No
    • Nama
    • Klub
    • Gol
    Selengkapnya
ping fast my blog, website, or RSS feed for Free