• Share :

Tips Sehat

Jauhilah Hati dari Hepatitis

Minggu, 22-04-2012 15:30 | Kategori: Saran Dokter | Dibaca 5194 kali | Komentar : 0
Jauhilah Hati dari Hepatitis (sp+) Jauhilah Hati dari Hepatitis (sp+)

PENYAKIT yang menyerang hati/liver ini kian berbahaya karena gejalanya kerap tidak tampak. Tahu lebih dini tentang hepatitis jelas sangat membantu Anda.

Fungsi utama dari hati atau liver adalah menyaring racun-racun yang ada pada darah. Selain itu, masih ada sekitar 500 fungsi lain dari hati.

Hepatitis atau peradangan pada hati atau liver dapat menghancurkan kesehatan secara keseluruhan karena racun tetap mengendap pada darah dan merusak atau mengganggu kerja organ lain.

Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah jadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.

Rusaknya fungsi hari atau liver ini dapat disebabkan seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan merusak  fungsi hati.

Tapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan virus yang ditularkan penderita hepatitis.

Ada 5 macam virus hepatitis yang dinamai sesuai abjad. Kelima virus itu adalah virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD), dan virus hepatitis E (VHE).

Virus-virus ini terus berkembang dan bahkan diperkirakan sedikitnya masih ada 3 virus lagi yang dapat menyebabkan hepatitis.

Virus yang paling banyak menjangkiti manusia adalah VHB, penyebab hepatitis B. Diperkirakan 1 dari 3 orang yang ada di bumi pernah terinfeksi. Sebanyak 350 juta hidup dengan virus mengendap pada tubuhnya dan berpotensi menulari orang lain.

Tercatat 78% pengidap hepatitis menimpa penduduk Asia dan pulau-pulau di daerah Pasifik. Virus ini menyebabkan kematian sedikitnya 600.000 orang per tahun.

Gejala hepatitis

Beberapa gejala yang umum dari hepatitis adalah rasa nyeri atau sakit pada perut bagian kanan, badan lemas, mual, demam, dan diare.

Pada beberapa kasus juga ditemukan gejala seperti akan flu dan sakit kuning yang ditandai kulit dan mata terlihat kuning. Tapi, gejala penyakit hepatitis tidak selalu tampak, khususnya pada kebanyakan kasus yang menimpa anak-anak.

Virus dapat berpindah dari seorang penderita ke orang yang sehat. Jika kekebalan tubuh seseorang sedang lemah, virus akan menjangkiti tubuh orang yang sehat walau virus dapat dibersihkan dengan antibodi manusia itu sendiri jika sistem kekebalan tubuhnya baik.

Hepatitis A

Virus hepatitis A biasa terdapat pada kotoran penderitanya. Virus dapat hidup pada air atau es batu. Cara penyebaran virus ini adalah karena meminum air yang tercemar VHA.

Bisa juga karena mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar, sehingga virus tetap hidup pada makanan atau karena orang yang mempersiapkan makanan tidak terbiasa cuci tangan dengan benar terlebih dahulu, padahal mungkin saja pada tangannya terdapat virus hepatitis A.

Tidak mencuci tangan sehabis menggunakan toilet juga menyebabkan virus ada pada kotoran manusia ini akhirnya berpindah.

Hepatitis B

Penularan virus hepatitis B (VHB) biasanya melalui darah atau cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, atau air mani yang masuk dalam aliran darah orang sehat.

Ini karena hepatitis B terdapat dalam darah dan cairan tubuh tersebut. Tranfusi darah, darah pada pisau cukur, perawatan gigi, gunting kuku, jarum suntik atau jarum yang digunakan untuk membuat tato dapat memindahkan sejumlah kecil darah yang terinfeksi virus hepatitis.

Bahkan, noda darah yang sudah mengering dapat menulari orang lain selama 1 pekan sejak menempel pada suatu benda. Cara lain penyebaran virus ini adalah karena terbawa dari sejak kandungan dari seorang ibu yang terinfeksi dan karena hubungan seks.

Hepatitis C

Pengindap hepatitis C biasanya ditularkan dengan cara yang hampir sama dengan penularan hepatitis B, tetapi pada kebanyakan orang adalah karena jarum suntik.

Menangangi hepatitis

Perawatan dini harus segara dilakukan agar penderita dapat disembuhkan, karena semakin lambat ditangani, virus akan semakin merusak hati dan bahkan menjadi kanker.

Tapi, kadangkala karena tidak menampakkan gejala yang jelas, kebanyakan orang tidak menyadari jika dalam tubuhnya sudah berdiam virus hepatitis dan terlanjur hati sudah menjadi rusak parah.

Vaksinasi dapat diberikan agar seseorang mendapatkan antibodi dari virus hepatitis A (VHA) dan virus hepatitis B (VHB). Namun, untuk hepatitis C tidak ada vaksinasi untuk mencegahnya.

Walau seseorang belum terindikasi virus ini tetapi pemberian vaksin dapat mencegah virus merusak hati karena gejala hepatitis bisa saja baru muncul puluhan tahun kemudian.

Pemberian vaksin khususnya perlu diberikan pada anak-anak karena kekebalan tubuh mereka lebih lemah untuk membersihkan virus hepatitis dibandingkan orang dewasa.

Jika kondisi hati sudah rusak parah, pilihannya adalah melakukan pencangkokkan hati. Tetapi, ini akan sulit karena donor hati yang ada lebih sedikit dibandingkan daftar tunggu dari penderita yang membutuhkan hati.

Penderita hepatitis seharusnya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup agar tubuh mampu bertahan menghadapi virus ini dan mencegah jumlah virus semakin banyak yang akan menggerogoti kesehatan penderitanya.

Gizi dan istirahat yang baik juga harus dipenuhi untuk semua, karena bisa saja tanpa sepengetahuan kita, virus menulari dan menyerang hati atau liver.

Tapi, dengan kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan mampu menangani virus hepatitis yang membahayakan ini.

sp+/sp+
  • PRIIITTTTT!!!

    15:21Everton Lirik Champions: Everton berpeluang finis di 4 besar Premier League. James McCarthy ingin Everton ke Champions League.
    14:07Icardi Setia Inter: Mauro Icardi santer dikabarkan bakal tinggalkan Internazionale Milan. Membantah, Icardi akui setia Inter.
    13:14Immobile Mau Dortmund: Ciro Immobile masih punya mimpi yang belum terwujud. Ia tergiur berjibaku bersama Borussia Dortmund.
    12:37Mazzarri Yakin Aman: Isu pemecatan Walter Mazzarri terus merebak. Tapi, pelatih Internazionale Milan itu yakin tak kena pecat.
    11:15Tomsak Terus Melaju: Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta paten. Rabu (23/4), Fanny Kalumata dkk libas Rajawali Bandung 77-35.
    10:13Christo Siap Playoff: Christopher Rungkat siap mainkan playoff Grup II Zona Asia/Osenani Davis Cup. Ia segera latihan bareng.
    09:26Sharapova Babak 2: Maria Sharapova ke babak 2 Stuttgart. Rabu (23/) WIB, ia ringkus Lucie Safarova 7-6 (5), 6 (5)-7, 7-6 (2).
    09:16Bielsa Tolak Paraguay: Marcelo Bielsa menganggur sejak dipecat Athletic Bilbao. Anehnya, ia tetap tolak tawaran timnas Paraguay.
    08:25Final buat Terry: Selain Petr Cech, kapten Chelsea John Terry juga dirongrong cedera. Final dibidik biar Terry kembali main.
    07:33Akui Chelsea Untung: Atletico gagal jebol gawang Chelsea pada leg I semifinal. Diego Simeone anggap itu keuntungan Chelsea.
    06:13Pique Bela Martino: Gerardo Martino jadi sosok yang disalahkan atas kinerja buruk Barcelona. Gerard Pique coba bela Martino.
    05:22Mou Prihatin Moyes: Pemecatan David Moyes dari Manchester United undang banyak reaksi. Jose Mourinho mengaku terpukul.
    04:30Musim Mirallas Berakhir: Kevin Mirallas akhiri musim ini lebih cepat dari pemain lain. Striker Everton itu diusik cedera pangkal paha.
    03:49Chelsea Tahan Atletico: Chelsea beroleh modal positif di kandang Atletico Madrid, Rabu (23/4) WIB. The Blues ganjal Atletico 0-0.
    03:24Newcastle Harus Bangkit: Newcastle United sulit cetak kemenangan di beberapa laga terakhir. Alan Pardew desak skuadnya bangkit.
    02:19Ancelotti Jaga CR7: Kondisi Cristiano 'CR7' Ronaldo masih diragukan. Entrenador Carlo Ancelotti pantang paksakan CR7 main.
    01:08Guardiola Tantang CR7: Cristiano 'CR7' Ronaldo adalah pilar andalan Real Madrid. Tak gentar, Pep Guardiola berharap CR7 tampil.
    Selengkapnya
 
 

Berita Terpopular

Persib Diburu Hamynudin, PSSI Netral

Hamynudin vs Persib

Persib Diburu Hamynudin, PSSI Netral
Minggu, 20-04-2014 20:02
Bersama Iurie, P-MU Siap Sikat Bantul

Persepam Madura United

Bersama Iurie, P-MU Siap Sikat Bantul
Senin, 21-04-2014 14:03
Chelsea Favorit, Atletico Yakin Melejit

Atletico vs Chelsea

Chelsea Favorit, Atletico Yakin Melejit
Selasa, 22-04-2014 04:03
Belakang Rapuh, MU Pun Terpiuh-piuh

Manchester United

Belakang Rapuh, MU Pun Terpiuh-piuh
Senin, 21-04-2014 16:02
Kukar Gahar, Pusam Bertekad Sangar

Kukar vs Pusam

Kukar Gahar, Pusam Bertekad Sangar
Senin, 21-04-2014 06:02

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti
Majalah Indonesia Football Edisi IV April 2014
Rabu, 16-04-2014 07:25

Live Score

Selengkapnya

Klasemen Sepakbola

  • No
  • Klub
  • Main
  • Poin
  • 1
  • Liverpool
  • 35
  • 80
  • 2
  • Chelsea
  • 35
  • 75
  • 3
  • Manchester City
  • 34
  • 74
  • 4
  • Arsenal
  • 35
  • 70
  • 5
  • Everton
  • 35
  • 69
Selengkapnya
  • Top Skorer

    • No
    • Nama
    • Klub
    • Gol
    Selengkapnya
ping fast my blog, website, or RSS feed for Free