• Share :

Efek Bersepeda

Sehat & Segar Selama Euro 2012

Kamis, 21-06-2012 01:31 | Kategori: Sepeda | Dibaca 5370 kali | Komentar : 0
Sehat & Segar Selama Euro 2012 (sp+) Sehat & Segar Selama Euro 2012 (sp+)

AGAR dapat mengikuti terus serunya Euro 2012, kondisi tubuh perlu dijaga agar tetap sehat dan segar. Rutin bersepeda adalah kian simpel dan efektif.

Ya, aktivitas bersepeda memang sudah terbukti sangat positif. Selain sehat, hemat, dan menyegarkan, bersepeda juga menyelamatkan lingkungan.

Dan, dengan aktivitas bersepeda, Anda pun berkesempatan menyisihkan waktu buat menikmati gelegar Euro 2012 setiap dinihari dalam kondisi fit dan fresh.

Biar lebih gamblang, berikut paparan tentang beragam manfaat dari aktivitas bersepeda:

1. Lebih cepat

Di Inggris, penelitian Citroen menunjukkan, mengemudi 1 jam di Kota Cardiff pada jam sibuk hanya dapat menempuh sampai 12 km per jam. Bersepeda terbukti lebih cepat dan mampu mencapai 15 km atau lebih per jam.

Diprediksi pula, perjalanan 20 menit dengan kendaraan saat ini jadi butuh waktu 1 jam pada 15 tahun ke depan. Macet dan makin padatnya jalan membuat mobil tidak bisa bergerak efisien dan efektif.

Bersepeda memudahkan Anda menyelip di antara kemacetan jalan. Hasilnya: akan ada waktu lebih buat Anda dibandingkan pengendara mobil yang terjebak kemacetan.

Dengan begitu, Anda pun jadi punya waktu lebih longgar untuk menyiapkan tontonan laga-laga Euro 2012 setiap dinihari WIB.

2.Tidur lebih lelap setelah bersepeda

Bersepeda di pagi hari dalam rute pendek saja memberikan manfaat bagi pengendara untuk tidur lebih lelap. Ini dibuktikan Stanford University School of Medicine atas penderita susah tidur. Hasilnya: mereka yang mengidap insomnia atau susah tidur dapat tidur 1 jam lebih lama setelah rutin bersepeda.

Nah, setelah cukup tidur begitu tiba di rumah, tentu Anda berkesempatan bikin jadwal bangun tengah malam guna menyetel teve dan menikmati jalannya laga-laga seru Euro 2012 dalam kondisi fresh karena sudah cukup tidur.

3. Terlihat lebih muda

Jadi impian bagi insan dewasa untuk tetap terlihat muda dan segar. Dengan bersepeda, aliran darah lebih lancar dalam mengirim nutrisi ke seluruh tubuh.

Harley Street Dermatolog Dr Christopher Rowland Payne mengungkap tubuh memberikan oksigen lebih besar bagi orang yang intens bersepeda.

Satu yang positif adalah kolagen. Latihan yang baik akan membantu mengurangi munculnya keriput dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Otot usus juga lebih baik

Latihan olahraga juga merangsang otot kontraksi. Begitu pula usus. Itu mencegah sakit lambung dan kanker usus.

Dengan berolahraga sepeda, tubuh akan mengurangi waktu yang dibutuhkan guna memindahkan makanan di usus besar.

5. Meningkatkan kekuatan otak

Hasil penelitian di Universitas Illinois menunjukkan bersepeda dapat meningkatkan 5% kebugaran pernapasan. Juga menambah 15% kemampuan mental. Khususnya mereka yang berusia 30 ke atas.

Bersepeda akan memberikan dampak positif di mana sel otak baru di bagian hippocampus tumbuh kembali. Bagian ini bertanggung jawab menangani daya ingat agar tak mudah surut meski usia terus bertambah.

6. Jauh dari penyakit

Tidak perlu makan apel lagi. Mungkin itu ungkapan bagi pegiat bersepeda. Latihan rutin membuat sel kekebalan tubuh kembali aktif sehingga mereka lebih siap menghadapi infeksi. Bahkan, bagi mereka yang bersepeda sampai 30 menit setiap hari, hanya hadapi separo risiko sakit ketimbang orang yang sebatas rutin bersepeda.

7. Hidup lebih lama

Mereka yang berolahraga, termasuk bersepeda, akan lebih kecil terkena serangan jantung, diabetes tingkat 2, semua jenis kanker, tekanan darah tinggi sampai obesitas. Tubuh lebih mampu membela diri dengan regenerasi sel tubuh.

Informasi terbaru, orang yang mengidap pra-diabetes dapat disembuhkan setelah intens bersepeda.

8. Menyelamatkan dunia

Ada benarnya, 20 sepeda dapat diparkir di tempat 1 parkiran mobil. Polusi 0 kecuali zat tinja yang dibuat pengendara sepeda. Mungkin lebih bau, tapi ramah lingkungan.

9. Jadi simbol status

Lupakan mobil sebagai lencana. Orang kaya mulai menjauhi simbol mereka lewat mobil dan beralih ke sepeda.

Kampanye bersepeda di Inggris malah dilakukan orang-orang kaya. Di Indonesia, saat ini sudah banyak pegiat bersepeda, bahkan dari kalangan profesional seperti direktur, manajer sampai pemilik perusahaan.

10. Memperbaiki kehidupan seks

Mereka yang berusia 50 ke atas dan masih bersepeda mampu memperkecil 30% resiko imponten. Cukup ditotal 3 jam setiap pekan saja dengan bersepeda sudah efektif dibandingkan olahraga di tempat fitnes.

"Gairah seks makin tinggi," ujar peneliti asal Cornell University. Itu karena pegiat bersepeda terlihat lebih muda 2-5 tahun dibandingkan usia sebenarnya.

11. Baik untuk kehamilan

Penelitian dari sebuah universitas di Michigan menunjukkan ibu-ibu yang sedang hamil dapat berolahraga ringan sehingga lebih menikmati hidup selama 9 bulan mengandung. Mampu menekan kegemukan bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Angkanya mencapai 50%.

12. Risiko penyakit jantung lebih kecil

Ini sudah dibuktikan peneliti dari British Heart Foundation. Hanya 30 km per pekan akan menekan risiko terkena penyakit jantung sampai 50% dibandingkan mereka yang tidak berolahraga atau bersepeda.

13. Olahraga meningkatkan kinerja

Di Universitas Bristol dilakukan jajak pendapat kepada 200 responden. Mereka yang berolahraga ternyata memerlukan waktu istrirahat lebih sedikit. Bahkan, lebih tahan terhadap beban kerja dan lebih mudah menyelesaikan pekerjaannya.

14. Hilangnya lemak di bagian pantat ke bawah

Dengan bersepeda, sudah pasti bagian itu akan lebih terkendali dan jauh dari lemak. Berat badan Anda mungkin saja menumpuk di sana, tapi secara perlahan akan hilang dengan intens bersepeda.

Bersepeda tidak memberikan beban bagi tubuh. Berat badan tubuh akan ditopang pelana sepeda. Berlari, misalnya, tekanan pada tubuh akan membebani seluruh rangka tubuh. Bersepeda lebih aman dan tidak terbebani berat badan.

15. Menjauhi polusi

Ada pertanyaan, apakah bersepeda akan membuat badan terkena polusi dari kendaraan bermotor?

Penelitian berbeda dari Imperial College London. Orang yang berada dalam kendaraan dan bus lebih banyak terkena polusi dari gas buang kendaraan dibandingkan pejalan kaki atau pesepeda.

Rata-rata penumpang taksi harus menerima 100.000 partikel sangat kecil yang menetap di paru paru mereka. Penumpang bus mendapatkan 40.000.

Pesepeda ternyata hanya menerima 8.000 partikel cm kubik. Itu terjadi karena pengendara sepeda lebih banyak berada di atas terotoar jalan dan lebih jauh dari sumber polusi.

Untuk kota besar seperti Jakarta yang padat, mungkin penelitian ini tidak terlalu berlaku. Maklumlah, banyak trotoar jalan yang sudah berubah fungsi, kemacetan di mana-mana, dan tingkat polusi begitu tinggi. Tentu, semua itu kurang baik bagi pengendara sepeda

16. Jadi lebih hemat

Olahraga di tempat fitnes berfungsi sama seperti bersepeda. Bedanya, ke tempat fitnes perlu biaya yang kadang tak kecil. Bersepeda jelas jauh lebih hemat.

17. Anda tidak takut tantangan

Cuaca buruk tidak disukai banyak orang. Tapi, pegiat bersepeda melihat semua cuaca adalah baik. Bukan melihat cuaca sebagai hambatan, melainkan cuaca adalah tantangan bagi pesepeda dan harus tetap bersepeda.

Nah, tunggu apa lagi. Segeralah ubah jadwal aktivitas Anda dan melengkapinya dengan intensitas bersepeda. Dalam kondisi sehat dan segar, Anda pun bisa menikmati momen Euro 2012 tanpa khawatir sakit yang mengganggu rutinitas bekerja.

Selamat bersepeda! 

sp+/sp+
  • PRIIITTTTT!!!

    05:04Guingamp Jegal Monaco: AS Monaco urung ke final Coupe de France. Kamis (17/4) WIB, En Avant Guingamp bungkam Monaco 3-1.
    04:32Madrid Juara: Real Madrid tampil sebagai juara Copa del Rey. Kamis (17/4) WIB, mereka bungkam Barcelona 2-1 di final.
    03:53Man-City 1 Poin: Manchester City cuma bisa raih 1 poin. Kamis (17/4) WIB, The Citizens dipaksa Sunderland main 2-2.
    03:11Final Der Klassiker: Der Klassiker terhampar di final DFB Pokal. Kamis (17/4) WIB, Bayern Muenchen atasi Kaiserslautern 5-1.
    00:21Aditya Gantikan Wisnu: Aditya Hari Sasongko masuk tim Davis Cup Indonesia. Bentrok kontra Hongkong dihelat 25-27 April 2014.
    23:12Kisruh Guncang ISSI: Satu lagi kepengurusan olahraga di Tanah Air kisruh. Kali ini melanda PB ISSI. Munaslub pun jadi pilihan.
    22:49Timnas U-19 Tekuk UEA: Timnas U-19 Indonesia tampil hebat di tur Timur Tengah. Rabu (16/4), Uni Emirat Arab U-19 dibekuk 2-1.
    21:06Persija 3 Poin: Rekor tak kalah Persija Jakarta masih terjaga. Diladeni Persijap Jepara, Rabu (16/4), Persija menang 2-0.
    20:24Indra Tetapkan Line Up: Timnas U-19 Indonesia tarung lagi kontra Uni Emirates Arab U-19. Indra Sjafri tak ubah komposisi skuad.
    19:25Gattuso Rindu Milan: Gennaro Gattuso belum bekerja lagi sebagai pelatih. Itu lantaran Gattuso percaya bisa balik ke AC Milan.
    19:10Anthony Semifinal: Anthony Sinisuka Ginting ke semifinal World Junior Champ. Rabu (16/4), ia sungkurkan Kanta Tsuneyama.
    18:21Bantah MU-Kroos: Manchester United layangkan tawaran buat Toni Kroos. Volker Struth, agen Kroos, cuma tertawa dengar itu.
    17:27SPFC Bungkam Persik: Semen Padang FC lanjutkan tren positif. Main Rabu (16/4), mereka hentikan tuan rumah Persik Kediri 2-1.
    17:13Urung Rekrut Anelka: Kepindahan Nicolas Anelka ke Atletico Mineiro tak terwujud. Selasa (13/4), Mineiro batalkan kesepakatan.
    17:13Arema Lolos: Arema Cronus Indonesia lolos ke fase KO AFC Cup 2014. Mereka bungkam Selangor FA 1-0, Rabu (16/4).
    16:30Casillas Yakini Madrid: Laga El Clasico di Final Copa del Rey di depan mata. Iker Casillas pede Real Madrid tampil sebagai juara.
    15:29Nzekou Tanpa Klub: Didepak Persebaya Surabaya, nasib Patrice Nzekou terkatung-katung. Hingga kini, ia belum beroleh klub.
    Selengkapnya
 
 

Berita Terpopular

Penonton Laga Perdana, Nyawa PSS

PSS Sleman

Penonton Laga Perdana, Nyawa PSS
Senin, 14-04-2014 18:02
Dibekuk Persib, Arema Kejar Selangor

Arema Cronus Indonesia

Dibekuk Persib, Arema Kejar Selangor
Senin, 14-04-2014 20:03
4 Musim Lagi, PSIM Siap Guncang ISL

PSIM Yogyakarta

4 Musim Lagi, PSIM Siap Guncang ISL
Senin, 14-04-2014 12:02
Final Kontra Madrid, Hidup Mati Barca

Barca vs Madrid

Final Kontra Madrid, Hidup Mati Barca
Rabu, 16-04-2014 04:02
Demi 4 Besar, Arsenal Dituntut Sangar

Arsenal vs West Ham

Demi 4 Besar, Arsenal Dituntut Sangar
Selasa, 15-04-2014 04:04

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti

Indonesia Football

Evolusi Tanpa Henti
Majalah Indonesia Football Edisi IV April 2014
Rabu, 16-04-2014 07:25

Live Score

Selengkapnya

Klasemen Sepakbola

  • No
  • Klub
  • Main
  • Poin
  • 1
  • Liverpool
  • 34
  • 77
  • 2
  • Chelsea
  • 34
  • 75
  • 3
  • Manchester City
  • 32
  • 70
  • 4
  • Arsenal
  • 34
  • 67
  • 5
  • Everton
  • 33
  • 66
Selengkapnya
  • Top Skorer

    • No
    • Nama
    • Klub
    • Gol
    Selengkapnya
ping fast my blog, website, or RSS feed for Free